Assalamu’alaikum WR WB?
Pulang kuliah, cape banget....lemah letih lesu dan lapar jadi satu....sampe kostan bingung.. mmmm mendingan ngblog aja... ingat kemarin waktu pulang Jum’atan dapet buletin. Dari pada di buang atau di angurin gitu aja, mendingan di posting, sekalian berbagi Ilmu, siapa tau ada yang butuh, seperti judul di atas, siang hari ini yang akan ane tulis adalah tentang Hikmah Ibadah Haji. Ok lah jangan kebanyakan basa basi...kita langsung aja ke TKP.
Diantara hikmah-hikmah yang terkandung dalam ibadah haji adalah sebagai berikut:
1.    Mengikhlaskan Seluruh Ibadah- - beribadah semata-mata untuk Alloh SWT dan menghadapkan hati kepada-Nya.
2.    Mnedapat Ampunan Dosa-Dosa dan Balasan Surga – “satu umroh sampai umroh yang lain adalah sebagai penghapus dosa antara keduannya dan tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali surga.”(HR. Bukhari dan Muslim).
3.    Menyambut Seruan Nabi Ibrahim AS – “dan serulah manusia untuk berhaji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.” (QS. Al-Hajj : 27)
4.    Menyaksikan Berbagai Manfaat bagi Kaum Muslimin – “agar supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka.”(QS. Al-Hajj : 28). Di antara yang terbesar adalah menyaksikan tauhid-Nya, yakni mereka beribadah kepada Alloh SWT semata-mata.
5.    Saling Mengenal dan Saling Menasehati – diantara hikmah haji adalah bahwa kaum Muslimin bisa saling mengenal dan saling berwasiat dan menasehati dengan al-haq. Mereka datang dari segala penjuru dan berkumpul di rumah Alloh SWT.
6.    Mempelajari Agama Alloh SWT – diantara manfaat haji yang besar adalah bahwa mereka bisa mempelajari agama Alloh SWT dilingkungan rumah Alloh SWT yang tua, dan dilinglungan masjid Nabawi dari para ulama dan pembimbing serta memberi peringatan tentang apa yang mereka tidak  ketahui mengenai hukum agama, haji, umroh , dan lainnya. Sehingga mereka bisa menunaikan ibadah mereka dengan ilmu.
7.    Menyebarkan Ilmu – menyebarkan ilmu kepada pera saudara-saudara yang melaksankan haji dan teman-teman seperjalanan di mobil, pesawat, tenda, di Mekkah dan segala tempat.
8.    Menolong dan Berbuat Baik Kepda Orang Miskin—menolong dan berbuat baik kepada orang miskin baik yang sedang menjalankan haji atau tidak dinegeri yang aman itu. Seseorang dapat mengobati orang yang sakit, menjenguknya menunjukan kerumah sakit dan menolongnya dengan harta dan obat.
Mungkin itu lah hikmah-hikmah ibadah haji, sebenarnya masih banyak lagi hikmah-hikmah yang terkandung dalam ibadah haji. Untuk lebih jelasnya alangkah baiknya jika kita mencoba sendiri...hehe...pasti kita akan merasakan hikmahnya yang sebenarnya.. ya kita berdoa dan berharap saja. Semoga Alloh SWT memanggil dan memampukan kita untuk datang ke rumah-Nya. Karena “Alloh SWT Bukan Memanggil Orang Yang Mampu, tapi Alloh SWT Memampukan Orang Yang Terpanggil.”( Radio MQ FM)..he
Sekian dulu ah, ngantuk, semoga bermanfaat ya. Wallohu a’lam.
Sumber : Buletin Dakwah dan Informasi Pusdai Jabar (USWAH).