E-Comerce System
E-commerce mengubah
bentuk persaiangan, kecepatan bertindak, dan perampingan interaksi, produk dan
pembayaran dari pelanggan ke perusahaan dan perusahaan ke pemasok. Sistem
e-commerce bergantung pada sumber daya internet dan banyak teknologi informasi
lainnya untuk mendukung setiap langkah dalam proses. Oleh karna itu,
mengembangkan kemampuan e-commerce telah menjadi pilihan penting yang harus
dipertimbangkan oleh kebanyakan perusahaan saat ini.
Ruang lingkup proses
bisnis yang dilibatkan dalam pemasaran, pembelian, penjualan, dan duk serta
jasa dalam perusahaan yang melakukan e-commerce. Teknologi yang di butuhkan
untuk e-commerce adalah sebagian besar teknologi informasi dan teknologi
internet, yang merupakan contoh dari sumber daya teknologi yang dibutuhkan oleh
banyak system e-commerce.
Berbagai kategori
e-commerce, banyak perusahaan kini terlibat dalam atau mensposori tiga kategori
dasar dari aplikasi e-commerce : e-commerce business-to-consumer,
business-to-busines, dan consumer-to-consumer. E-commerce
business-to-consumer.dalam bentuk ini perusahaan harus mengembangkan pasar
elektronik yang menarik untuk menjual berbagai produk dan jasa ke para
pelanggan. E-commerce business-to-businnes.kategori ini melibatkan pasar
e-business dan hubungan pasar langsung keperusahaan. E-commerce
consumer-to-consumer.melibatkan iklan personal electronic dari produk atau jasa
untuk membeli atau menjual oleh para pelanggan di situs Koran electronic,
portal e-commerce pelanggan, atau situs web.
Pokok-pokok proses
E-Commerce Pengendalian Akses dan keamanan proses e-commerce harus membangun
rasa percaya dan akses yang aman antara berbagai pihak dalam transaksi
e-commerce, melalui otentikasi pemakai, pengotorisasian akses, dan penerapan
berbagai fitur keamanan. Membuat profil dan personalisasi. Proses pembuatan
profile dapat dijalankan untuk mengumpulkan data mengenai Anda dan perilaku
serta pilihan situs web anda, dan membangun profil elektronik dari berbagai
karakteristik serta preferensi anda.
Pemberitahuan kegiatan
Memainkan peranan yang penting dalam system e-commerce, karena para pelanggan,
pemasok, dan pegawai serta stakeholder lainnya harus diberitahukan mengenai
semua kegiatan yabg dapat berdampak pada status mereka dalam berbagai
transaksi. Kerja sama dan pedagangan Kategori utama dari proses e-commerce
adalah yang mendukung kesepakatan kerja sama penting dan layanan perdagangan
yang dibutuhkan oleh para pelanggan, pemasok, dan stakeholder lainnya untuk
menyelesaikan transaksii e-commerce.
Proses Pembayaran
Elektronik Pembayaran untuk poduk dan jasa yang di beli adalah rangkaian proses
nyata dan penting dalam transaksi e-commerce. Proses pembayaran e-commerce juga
rumit karna banyaknya jenis alternative debit dan kredit serta lembaga keuangan
dan perantara yang menjadi bagian dari proses tersebut. Proses pembayaran Web
Kebanyakan system e-commerce di bisnis yang terlibat dalam Web dan B2C
pelanggan bergantung pada proses pembayaran kartu kredit. Electronic fund
transfer, Sistem transfer dana eletronik adalah bentuk umum dari pembayaran
elekronik dalam industry perbankan serta ritel.
Pembayaran elektronik
yang aman. Beberapa alat keamanan dasar yang digunakan untuk mengatasi masalah
keamanan ini adalah : (1) enkripsi (kode dan pengacakan) data antara pelanggan
dan pedagang, (2) enkripsi data yang lewat antara pelanggan dengan transaksi
otorisasi kartu kredit perusahaan, atau (3) menggambil informasi sensitive
secara offline.
Contoh
E-commerce
a.
Belanja
Online
Membeli dan menjual barang di Internet adalah salah
satu contoh paling populer dari e-commerce. Penjual membuat etalase produk di
internet layaknya outlet ritel. Pembeli dapat mencari dan membeli produk dengan
klik mouse. Contoh populer untuk tempat belanja secara online adalah
Amazon.com.
b.
Pembayaran
Elektronik
Ketika kita membeli barang secara online, perlu ada
mekanisme untuk membayar online juga, yang mana melakukan pembayaran cukup
dengan mengetikkan sederetan angka dan kode serta klik mouse yang dilakukan
pada komputer yang online
Pembayaran elektronik adalah cara yang efisien dikarenakan tidak lagi memerlukan proses menulis dan mengirimkan cek atau tagihan. Pembayaran secara online juga menutupi celah keamanan yang timbul pada sitem pembayaran yang dilakukan dalam mata uang kertas.
Pembayaran elektronik adalah cara yang efisien dikarenakan tidak lagi memerlukan proses menulis dan mengirimkan cek atau tagihan. Pembayaran secara online juga menutupi celah keamanan yang timbul pada sitem pembayaran yang dilakukan dalam mata uang kertas.
c.
Lelang
online.
Situs lelang online terkenal adalah eBay. Lelang fisik
telah lama populer mendahului lelang online, tetapi Internet membuat lelang
bisa diakses oleh sejumlah besar pembeli dan penjual. Pelelangan online
merupakan mekanisme yang efisien untuk penemuan harga. Banyak pembeli online
lebih tertarik dengan mekanisme lelang daripada belanja di toko biasa.
d.
Internet
Banking.
Sekarang ini sangat memungkinkan bagi kita untuk
melakukan keseluruhan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari kursi rumah
kita mengunjungi cabang bank terdekat. Keterhubungan antara website dengan
rekening bank, dan dengan kartu kredit merupakan pokok utama dalam e-commerce.
e.
Tiket online
Tiket pesawat terbang, tiket film, tiket kereta api,
tiket pertunjukan musik, tiket pertandingan olahraga, tiket konser musik, dan
hampir semua jenis tiket dapat dipesan secara online. Membeli tiket secara
online menjadikan kita tidak harus capek mengantri di depan loket penjualan
tiket.
Sumber Referensi :
nih gan example e-comerce yang bisa kita sebagai mahasiswa menerapkan :)
ReplyDeletemudah dan terjangkau..
chek this out => www.kiostiket.com