1.             LATAR BELAKANG
Berkenaan dengan semakin maraknya perkembangan teknologi di masyarakat dan kebutuhan pada informasi yang dapat diakses dengan mudah dan cepat, khususnya dalam bidang pendidikan, namun untuk mendapatkan informasi yang mudah dan cepat tentu harus ditunjang dengan sistem informasi yang memadai, salah satu alat bantu untuk pengelolaan system informasi adalah computer, karena kaomputer memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat di zaman sekarang ini. Pada dunia pendidikan komputer memiliki peran yang sangat sentral yaitu sebagai alat bantu yang digunakan untuk beberapa aktivitas pendidikan diantaranya adalah sebagai alat bantu yang digunakan untuk proses administrasi dan alat bantu teknis pembelajaran. Peran yang dimiliki komputer untuk membantu pengaturan secara teknis dalam dunia pendidikan adalah pengolahan data siswa, guru, pegawai dan pengolahan data yang lainnya. Begitupun pendidikan di pondok pesantren tentu tidak jauh berbeda dengan sekolah, ingin menyesuikan dengan perkembangan zaman yaitu pengolahan data dan informasi yang cepat, praktis dan mudah.
Pondok Pesantren Darul Hikmah adalah sebuah lembaga pendidikan salafiyah yang beralamatkan di Jl Raya Cijulang No.234 KM 07, Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Ciamis. Pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para guru/ustadz yang sebagian besar tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi dan membimbing para santri. Selain mengelola pesantren salafiyah juga mengembangkan pendidikan anak usia dini (PAUD). Namun setelah saya melakukan penelitian ada beberapa kelemahan yang terjadi di Pondok Pesantren Darul Hikmah tersebut khususnya dalam pengolahan data dan informasi, diantaraya adalah sistem pengolahan data yang masih bersifat manual, sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam mengolah data baik data santri, data administrasi dan lain-lain.
Berdasarkan pemaparan di atas maka penulis tertarik menjadikan permasalahan diatas sebagai tema dari Tugas Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut dengan judul “Sistem Informasi Pondok Pesantren Darul Hikmah”

2.             RUMUSAN MASALAH
Dalam pembuatan system informasi ini ada beberapa permasalah yang bias teridentifikasi, yaitu:
a.              Bagaimana cara pembuatan system informasi ini agar dapat digunakan dan mudah dipahami dalam menyelesaikan masalah?
b.             Bagaimana output yang dihasilakan oleh system informasi yang dibuat?
c.              Siapa saja yang akan menggunakan system informasi ini untuk mengolah data?

3.             TUJUAN PENULISAN
Dalam pembuatan perangkat lunak ini ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, diataranya adalah:
a.              Dalam pembuatan perangkat lunak ini selain membantu saya untuk belajar lebih baik tapi juga berusaha membantu masyarakat khususnya di lingkungan Pondok Pesantren Darul Hikmah untuk memudahkan pengolahan data santri dan data administrasi yang lainnya.
b.             Memahami lebih lanjut program yang digunakan untuk membangun perangakat lunak dan operasi system basis datanya.
c.              Memberikan kenyamanan dan memudahkan dalam pembuatan dokumentasi tentang data-data santri serta menjaga kemanan dokumennya.
d.             Meminimalkan terjadinya kesalahan dan meningkatkan akurasi dalam proses pengolahan data.
                                           
4.             BATASAN MASALAH
Dalam penelitian ini akan memabatasi permasalahan-permasalahan yang akan dibahas dalam pembuatan perangkat lunak, di antaranya adalah:
a.              Proses penginputan data santri dan anak PAUD sencara lengkap namun terpisah dan dilengkapi dengan menu-menu tambahan.
b.             Pembahasan program sampai pembuatan program dan akan senantiasa dianalisa dari berbagai kekurangan yang terjadi sampai perangkat lunak yang dibuat benar-benar bias digunakan, tentu saja melalui konsultasi dan arahan dari Dosen mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak.
c.              Bahasa pemrograman yang digunakan adalah java dengan bantuan program netbeans 7 dan/atau eclipse.
d.             Sedangkan untuk data basenya menggunakan MySQL Server

5.             MODEL PROSES PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Proses Pengembangan Perangkat Lunak yang akan digunakan dalam permbuatan Sistem Informasi Pondok Pesantren  adalah model Proses Rational Unified Process (RUP). karenaini sangat cocok digunakan untuk proses pengembangan Perangkat lunak berbasis Unified Modeling Language (UML) karena mengadopsi cara-cara Object Oriented Programming (OOP) dalam memetakan proses demi proses dan interaksi anat komponen-komponen yang terlibat yang digunakan dalam RUP itu sendiri. Ini terbukti dengan adanya metode Use Case yang memisahkan secara berorientsi objek antara actor dan use case itu sendiri. Metode ini mempunyai beberapa karakteristik, yaitu sebagai berikut:
a.              Berulang (iterative)
Tahap pengembangan untuk setiap produk yang diserahkan (release) dilaksanakan secara berulang.
b.             Architecture centric
Menggunakan arsitektur sistem sebagai artifak utama untuk konseptualisasi, konstruksi, pengelolaan, dan penyusunan sistem selama pengembangan.
c.              Use case-driven
Menggunakan use case sebagai artifak utama untuk menetapkan perilaku sistem yang diinginkan dan untuk mengkomunikasikan perilaku sistem tersebut kepada para stakeholder sistem.
d.             Risk-driven
Menghilangkan atau mengurangi risiko-risiko yang dapat menghambat kesuksesan proyek.
Proses Pengembangan RUP
Proses pengembangan pada RUP dinyatakan dalam dua dimensi, atau dua sumbu:
a.              sumbu horizontal (sumbu x) merepresentasi waktu dan menunjukkan aspek dinamis dari proses, yaitu siklus, tahap, iterasi, dan milestone.
b.             sumbu vertikal (sumbu y) merepresentasikan aspek statis dari proses, yaitu aktivitas, artifak, pelaksana kerja (worker) dan aliran kerja (workflow).
Tahap RUP
Tahap pelaksanaan pengembangan pada RUP meliputi:
a.              Permulaan (inception)
Tahap inception fokus pada penentuan manfaat perangkat lunak yang harus dihasilkan, penetapan proses-proses bisnis (business case), dan perencanaan proyek.
b.             Perincian (elaboration)
Tahap untuk menentukan use case (set of activities) dari perangkat lunak berikut rancangan arsitekturnya.
c.              Konstruksi (construction)
Membangun produk perangkat lunak secara lengkap yang siap diserahkan kepada pemakai.
d.             Transisi (transition)
Menyerahkan perangkat lunak kepada pemakai, mengujinya di tempat pemakai, dan memperbaiki masalah-masalah yang muncul saat dan setelah pengujian.

6.             WAKTU DAN TEMPAT
Dalam pembuatan perangkat lunak ini diberikan waktu yang cukup lama sekitar 3 bulan mulai awal semester sampai UAS. Namun dalam pencarian data saya lakukan sebelum tugas ini diberikan yaitu ketika liburan akhir semester IV. Untuk tepatnya adalah sebagai berikut :
Waktu                :1 – 15 Agustus 2012
Tempat               : Pondok Pesantren Darul Hikmah
Alamat               : Jl. Raya Pangandaran – Cijulang No.234, KM 07. Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

7.             PENJADWALAN
Dalam pembuatan perangkat lunak tentu harus mepunyai peraencanan yang matang dan penjadwalan yang tepat agar mendapatkan hasil maksimal dan sesuai harapan, dan berikut ini adalah penjadwalan dalam pembuatan perangkat lunak Sistem Informasi Pondok Pesantren Darul Hikmah.
No
Kegiatan
Bulan
Ket
Sep
Okt
Nov
Des
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
Pengajuan Judul















2
Konsultasi















3
Proposal















4
Analisis















5
Design















6
Coding















7
Testing















8
Presentasi















9
Penyerahan
Kepada Pemakai
















8.             SISTEMATIKA PENULISAN
Laporan penelitian ini disusun dalam 7 bab. Masing-masing bab menguraikan permasalahan sebagai berikut :
BAB I. Pendahuluan
Pada bab ini menguraikan latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika pembahasan.
BAB II. Landasan Teori
Bab ini menjelaskan tinjauan kepustakaan dan teori-teori tentang penelitian dan perpustakaan.
BAB III. Analisa Sistem
Bab ini menjabarkan tentang Deskripi Sistem, Kebutuhan Data, Kebutuhan Proses.
BAB IV. Desain Sistem
Bab ini menjelaskan prilaku sistem yang digambarkan dengan UML dan meliputi Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram, Collaboration Diagram, dan Statechart Diagram.
BAB V. Implementasi Program
Membahas tentang perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan dan perangkat lunak (software) yang meliputi bahasa pemrograman dan database yang digunakan.
BAB VI. Hasil dan Pembahasan
Yakni membahasa tentang Teknologi Software, Uji Coba Software, dan Analisa Data.
Bab VII. Penutup
Bab terakhir yang membahas kesimpulan penelitian dan kritik dan saran dari pembaca.