TUGAS RESUME
SISTEM INFORMASI PERTEMUAN KE-2
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi
Dosen :
Ichsan Taufik, ST. MT.



Disusun Oleh :
Alzani Saeful Anwar
1210705016


TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2012
RESUME MATA KULIAH SISTEM INFORMASI PERTEMUAN KE 2
1.      Manfaat mempalajari Sistem Informasi:
a.       Memudahkan pengelolaan tugas
b.      Memandu memecahkan masalah dan pengambilan keputusan
c.       Mewujudkan peluang
d.      Dalam bisnis bias digunakan dalam semua area fungsional
e.       CBIS penting untuk semua jenis pekerjaan

2.      Konsep Informasi
a.       Data dan Informasi
Data:
Fakta mentah di dunia nyata
Potongan informasi berbeda
Informasi:
Kumpulan data yang telah diolah sehingga mempunya nilai

3.      Tipe Data
a.       Data numeric         : angka-angka, tulisan, dan karakter khusus
b.      Image                    : gambaran grafis
c.       Audio                    : suara dan nada
d.      Video                    : film atau gambar bergerak

4.      Karakteristik Informasi
a.       Akurat
b.      Komplet
c.       Ekonomis
d.      Fleksibel
e.       Handal
f.       Relevan
g.      Simpel
h.      Tepat waktu
i.        Diverifikasi
j.        Diakses
k.      Aman



5.      Sistem Diskusi
a.        Mengacu pada kombinasi komponen yang bekerja bersama. Misalnya, sebuah sistem komputer meliputi hardware dan software. Sebuah sistem Windows adalah komputer pribadi yang menjalankan sistem operasi Windows. Sebuah sistem desktop publishing adalah komputer yang menjalankan perangkat lunak desktop publishing.
b.       Pendek untuk sistem komputer.
c.        Pendek untuk sistem operasi.
d.      Sebuah organisasi atau metodologi. Sistem penomoran biner, misalnya, adalah cara untuk menghitung dengan hanya menggunakan dua digit

6.      Elemen Sistem
a.       Input
b.      Proses
c.       Output

7.      Komponen dan Konsep Sistem
a.       Batas system
Mendefinisikan sistem dan membedakannya dari segala sesuatu yang lain
b.      Jenis system
Sederhana vs kompleks
Terbuka vs tertutup
Stabil vs dinamis
Adaptive vs non-adaptif
Tetap vs sementara

8.      Kinerja dan Standar Sistem
a.       Efisiensi
Sebuah ukuran apa yang diproduksi dibagi dengan apa yang dikonsumsi (misalnya Efisiensi dari motor adalah energi yang dihasilkan dibagi dengan apa yang dikonsumsi)
b.      Efektivitas
Suatu ukuran sejauh mana sistem mencapai tujuannya
c.       Standar Kinerja Sistem
Tujuan khusus dari sistem

9.      Variabel dan Parameter Sistem
a.       Variabel system
Sebuah kuantitas atau item yang dapat dikontrol oleh pengambil keputusan
Misalnya harga biaya perusahaan untuk produk
b.      Parameter sistem
Sebuah nilai atau kuantitas yang tidak dapat dikontrol oleh pengambil keputusan
Misalnya, biaya bahan baku

10.  Model Sistem
a.       model
Sebuah abstraksi atau pendekatan yang digunakan untuk mewakili realitas
b.      Jenis model
Narasi (alias deskriptif)
fisik
skematis
matematis

11.  Manfa’at Model
a.       Untuk memudahakan memahami system  yang lebih kompleks (menyederhanakan)
b.      Dapat digunakan untuk merancang atau membuat model sistem baru.
c.       Membuat komunikasi tentang sistem (misalnya gambar dapat berkomunikasi seribu kata)

12.  Sistem Informasi
a.       Definisi     : Satu set unsur yang saling terkait atau komponen yang mengumpulkan (input), memanipulasi (proses), dan menyebarkan (output) data dan informasi dan memberikan mekanisme umpan balik untuk memenuhi suatu tujuan.

13.  Input, Proses, Output
a.       Input
Kegiatan mengumpulkan dan
pengambilan data
Segala sesuatu yang masuk ke komputer
b.      Proses
Mengkonversi atau mengubah data menjadi output yang berguna
c.       Output
Informasi yang berguna, biasanya dalam bentuk dokumen dan / atau laporan
Segala sesuatu yang keluar dari komputer



14.  Feedback
a.       Feedback
Output yang digunakan untuk membuat perubahan pada kegiatan masukan atau pengolahan
b.      Prakiraan
Pendekatan proaktif untuk umpan balik
Gunakan untuk memperkirakan penjualan masa depan atau kebutuhan persediaan

15.  Lima Bagian dari Computer Base Information System (CBIS)
a.       Perangkat Keras
Peralatan komputer yang digunakan untuk melakukan input, proses, dan output kegiatan
Benda-benda yang Anda benar-benar dapat menyentuh, seperti disk, disk drive, layar display, keyboard, printer, dan chip.
Hardware mengacu pada benda-benda yang Anda benar-benar dapat menyentuh, seperti disk, disk drive, layar display, keyboard, printer, dan chip. Sebaliknya, perangkat lunak tersentuh. Software ada sebagai gagasan, konsep, dan simbol-simbol, tetapi memiliki substansi.
Buku memberikan analogi yang berguna. Halaman-halaman dan tinta adalah hardware, sedangkan kata-kata, kalimat, paragraf, dan arti keseluruhan adalah perangkat lunak. Sebuah komputer tanpa software adalah seperti sebuah buku penuh halaman kosong - Anda membutuhkan software untuk membuat komputer yang berguna seperti Anda perlu kata-kata untuk membuat buku bermakna.

b.      Perangkat Lunak
Perangkat lunak dan perangkat keras istilah yang digunakan baik sebagai kata benda dan kata sifat. Misalnya, Anda dapat mengatakan: "Masalahnya terletak pada perangkat lunak," yang berarti bahwa ada masalah dengan program atau data, bukan dengan komputer itu sendiri. Anda juga dapat mengatakan: "Ini adalah masalah perangkat lunak."
Perbedaan perangkat Lunak dan perangkat Keras
Perbedaan antara perangkat lunak dan perangkat keras kadang-kadang membingungkan karena mereka begitu integral terkait. Jelas, ketika Anda membeli sebuah program, Anda membeli perangkat lunak. Tetapi untuk membeli perangkat lunak, Anda perlu membeli disk (hardware) di mana software dicatat.
Software sering dibagi menjadi dua kategori. Sistem perangkat lunak termasuk sistem operasi dan semua utilitas yang memungkinkan komputer untuk berfungsi. Aplikasi perangkat lunak meliputi program yang melakukan kerja nyata bagi pengguna. Misalnya, pengolah kata, spreadsheet, dan sistem manajemen database jatuh di bawah kategori perangkat lunak aplikasi.

c.       Basis Data
Database adalah kumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa sehingga program komputer dapat dengan cepat memilih potongan yang diinginkan data.
Anda dapat menganggap sebagai database sistem pengarsipan elektronik. Database tradisional diselenggarakan oleh bidang, catatan, dan file. Field adalah sepotong informasi, sebuah record satu set lengkap bidang, dan file adalah kumpulan catatan. Misalnya, buku telepon analog dengan sebuah file. Ini berisi daftar catatan, masing-masing terdiri dari tiga bidang: nama, alamat, dan nomor telepon.

d.      Telekomunikasi
Transmisi sinyal elektronik untuk komunikasi, memungkinkan organisasi untuk menghubungkan sistem komputer ke jaringan yang efektif Mengacu pada semua jenis transmisi data, dari suara ke video.

e.       Jaringan
Digunakan untuk menghubungkan komputer dan peralatan komputer di sebuah gedung, di seluruh negeri, di seluruh dunia, untuk memungkinkan komunikasi elektronik Sekelompok dua atau lebih sistem komputer yang terhubung bersama-sama.
Ada banyak jenis jaringan komputer, termasuk:
a. jaringan area lokal (LAN): secara geografis berdekatan (yaitu, di gedung yang sama).
b. wide-area jaringan (WAN): Komputer yang jauh terpisah dan dihubungkan dengan saluran telepon atau gelombang radio.

16.  Internet dan intranet
a.       Internet
Sebuah jaringan pertukaran informasi global yang menghubungkan jutaan komputer.
b.      intranet
Sebuah jaringan yang menggunakan teknologi internet dalam Sebuah jaringan milik organisasi.

17.  orang dan prosedur
Unsur yang paling penting dalam sebagian besar komputer berbasis sistem informasi
Termasuk orang-orang yang mengelola, menjalankan, program, dan memelihara sistem
Misalnya, profesional TI
prosedur
Termasuk strategi, kebijakan, metode, dan aturan untuk menggunakan CBIS




BISNIS
1.      Proses bisnis
Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.

2.      Definisi lain
Davenport (1993) mendefinisikan proses bisnis sebagai
“aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan pelanggan tertentu. Terdapat di dalamnya penekanan yang kuat pada “bagaimana” pekerjaan itu dijalankan di suatu organisasi, tidak seperti fokus dari produk yang berfokus pada aspek “apa”. Suatu proses oleh karenanya merupakan urutan spesifik dari aktivitas kerja lintas waktu dan ruang, dengan suatu awalan dan akhiran, dan secara jelas mendefinisikan input dan output.”
Definisi dari Hammer dan Champy’s (1993) bisa dianggap merupakan turunan dari definisi Davenport. Mereka mendefinisikan proses sebagai
“kumpulan aktivitas yang membutuhkan satu atau lebih inputan dan menghasilkan output yang bermanfaat/bernilai bagi pelanggan”

3.      Karakteristik proses bisnis
Beberapa karakteristik umum yang dianggap harus dimiliki suatu proses bisnis adalah:
a.         Definitif: Suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.
b.         Urutan: Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang.
c.         Pelanggan: Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
d.        Nilai tambah: Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
e.         Keterkaitan: Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur organisasi.
f.          Fungsi silang: Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.
4.      Tipe proses bisnis
Terdapat tiga jenis proses bisnis:
a.         Proses manajemen, yakni proses yang mengendalikan operasional dari sebuah sistem. Contohnya semisal Manajemen Strategis
b.         Proses operasional, yakni proses yang meliputi bisnis inti dan menciptakan aliran nilai utama. Contohnya semisal proses pembelian, manufaktur, pengiklanan dan pemasaran, dan penjualan.
c.         Proses pendukung, yang mendukung proses inti. Contohnya semisal akunting, rekruitmen, pusat bantuan.