TUGAS
RESUME
SISTEM
INFORMASI PERTEMUAN KE-2
Diajukan
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi
Dosen :
Ichsan
Taufik, ST. MT.
Disusun
Oleh :
Alzani
Saeful Anwar
1210705016
TEKNIK
INFORMATIKA
FAKULTAS
SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI
SUNAN
GUNUNG DJATI
BANDUNG
2012
RESUME
MATA KULIAH SISTEM INFORMASI PERTEMUAN KE 2
1.
Manfaat
mempalajari Sistem Informasi:
a.
Memudahkan
pengelolaan tugas
b.
Memandu
memecahkan masalah dan pengambilan keputusan
c.
Mewujudkan
peluang
d.
Dalam bisnis
bias digunakan dalam semua area fungsional
e.
CBIS
penting untuk semua jenis pekerjaan
2.
Konsep
Informasi
a.
Data dan
Informasi
Data:
Fakta mentah di dunia nyata
Potongan informasi berbeda
Informasi:
Kumpulan data yang telah diolah
sehingga mempunya nilai
3.
Tipe Data
a.
Data
numeric : angka-angka, tulisan,
dan karakter khusus
b.
Image : gambaran grafis
c.
Audio : suara dan nada
d.
Video : film atau gambar bergerak
4.
Karakteristik
Informasi
a.
Akurat
b.
Komplet
c.
Ekonomis
d.
Fleksibel
e.
Handal
f.
Relevan
g.
Simpel
h.
Tepat
waktu
i.
Diverifikasi
j.
Diakses
k.
Aman
5.
Sistem
Diskusi
a.
Mengacu pada kombinasi komponen yang bekerja bersama.
Misalnya, sebuah sistem komputer meliputi hardware dan software. Sebuah sistem Windows adalah komputer pribadi yang menjalankan sistem
operasi Windows. Sebuah sistem desktop publishing adalah komputer yang menjalankan perangkat lunak
desktop publishing.
b.
Pendek untuk sistem komputer.
c.
Pendek untuk sistem operasi.
d.
Sebuah organisasi atau metodologi.
Sistem penomoran biner, misalnya, adalah cara untuk
menghitung dengan hanya menggunakan dua digit
6.
Elemen
Sistem
a.
Input
b.
Proses
c.
Output
7.
Komponen
dan Konsep Sistem
a.
Batas system
Mendefinisikan sistem dan
membedakannya dari segala sesuatu yang
lain
b.
Jenis system
Sederhana vs kompleks
Terbuka vs tertutup
Stabil vs dinamis
Adaptive vs non-adaptif
Tetap vs sementara
8.
Kinerja
dan Standar Sistem
a.
Efisiensi
Sebuah ukuran apa yang diproduksi dibagi dengan apa yang dikonsumsi (misalnya Efisiensi dari motor adalah energi yang dihasilkan dibagi dengan apa yang dikonsumsi)
Sebuah ukuran apa yang diproduksi dibagi dengan apa yang dikonsumsi (misalnya Efisiensi dari motor adalah energi yang dihasilkan dibagi dengan apa yang dikonsumsi)
b.
Efektivitas
Suatu ukuran sejauh mana sistem mencapai tujuannya
Suatu ukuran sejauh mana sistem mencapai tujuannya
c.
Standar
Kinerja Sistem
Tujuan khusus dari sistem
9.
Variabel
dan Parameter Sistem
a.
Variabel
system
Sebuah kuantitas atau item yang dapat dikontrol oleh pengambil keputusan
Misalnya harga biaya perusahaan untuk produk
Misalnya harga biaya perusahaan untuk produk
b.
Parameter sistem
Sebuah nilai atau kuantitas yang tidak dapat
dikontrol oleh pengambil keputusan
Misalnya, biaya bahan baku
Misalnya, biaya bahan baku
10. Model Sistem
a.
model
Sebuah abstraksi atau pendekatan yang digunakan untuk mewakili realitas
Sebuah abstraksi atau pendekatan yang digunakan untuk mewakili realitas
b.
Jenis model
Narasi (alias deskriptif)
fisik
skematis
matematis
skematis
matematis
11. Manfa’at Model
a.
Untuk
memudahakan memahami system yang lebih
kompleks (menyederhanakan)
b.
Dapat digunakan untuk merancang atau membuat model sistem baru.
c.
Membuat komunikasi tentang sistem (misalnya gambar
dapat berkomunikasi seribu kata)
12. Sistem Informasi
a.
Definisi : Satu set unsur yang saling
terkait atau komponen yang
mengumpulkan (input), memanipulasi
(proses), dan menyebarkan (output) data dan informasi
dan memberikan mekanisme umpan
balik untuk memenuhi suatu tujuan.
13. Input, Proses, Output
a.
Input
Kegiatan mengumpulkan dan pengambilan data
Kegiatan mengumpulkan dan pengambilan data
Segala sesuatu yang
masuk ke komputer
b.
Proses
Mengkonversi atau mengubah data menjadi output yang berguna
Mengkonversi atau mengubah data menjadi output yang berguna
c.
Output
Informasi yang berguna, biasanya dalam bentuk dokumen dan / atau laporan
Segala sesuatu yang keluar dari komputer
Informasi yang berguna, biasanya dalam bentuk dokumen dan / atau laporan
Segala sesuatu yang keluar dari komputer
14. Feedback
a.
Feedback
Output yang digunakan untuk membuat perubahan pada kegiatan masukan atau pengolahan
Output yang digunakan untuk membuat perubahan pada kegiatan masukan atau pengolahan
b.
Prakiraan
Pendekatan proaktif untuk umpan balik
Pendekatan proaktif untuk umpan balik
Gunakan untuk memperkirakan
penjualan masa depan atau kebutuhan persediaan
15. Lima Bagian dari
Computer Base Information System (CBIS)
a.
Perangkat
Keras
Peralatan komputer yang digunakan
untuk melakukan input, proses,
dan output kegiatan
Benda-benda yang Anda benar-benar dapat menyentuh, seperti disk, disk drive, layar display, keyboard, printer, dan chip.
Benda-benda yang Anda benar-benar dapat menyentuh, seperti disk, disk drive, layar display, keyboard, printer, dan chip.
Hardware mengacu pada benda-benda yang Anda benar-benar dapat menyentuh,
seperti disk, disk drive, layar display, keyboard, printer, dan chip.
Sebaliknya, perangkat lunak tersentuh. Software ada sebagai gagasan, konsep,
dan simbol-simbol, tetapi memiliki substansi.
Buku memberikan analogi yang berguna. Halaman-halaman dan tinta adalah
hardware, sedangkan kata-kata, kalimat, paragraf, dan arti keseluruhan adalah
perangkat lunak. Sebuah komputer tanpa software adalah seperti sebuah buku
penuh halaman kosong - Anda membutuhkan software untuk membuat komputer yang
berguna seperti Anda perlu kata-kata untuk membuat buku bermakna.
b.
Perangkat
Lunak
Perangkat lunak dan perangkat
keras istilah yang digunakan baik sebagai kata
benda dan kata sifat. Misalnya,
Anda dapat mengatakan: "Masalahnya
terletak pada perangkat lunak," yang
berarti bahwa ada masalah dengan
program atau data, bukan dengan komputer itu sendiri. Anda juga dapat mengatakan: "Ini adalah masalah perangkat lunak."
Perbedaan perangkat
Lunak dan perangkat Keras
Perbedaan antara perangkat lunak
dan perangkat keras kadang-kadang
membingungkan karena mereka begitu
integral terkait. Jelas, ketika Anda membeli sebuah program, Anda membeli perangkat lunak. Tetapi untuk membeli perangkat lunak, Anda perlu membeli disk
(hardware) di mana software dicatat.
Software sering dibagi menjadi
dua kategori. Sistem perangkat lunak termasuk sistem operasi
dan semua utilitas yang memungkinkan komputer untuk berfungsi. Aplikasi perangkat lunak meliputi program yang melakukan kerja nyata bagi pengguna. Misalnya, pengolah kata, spreadsheet, dan sistem manajemen database jatuh di bawah kategori perangkat lunak
aplikasi.
c.
Basis Data
Database adalah kumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa sehingga program komputer dapat dengan cepat memilih potongan yang diinginkan data.
Anda dapat menganggap sebagai database sistem pengarsipan elektronik. Database tradisional diselenggarakan oleh bidang, catatan, dan file. Field adalah sepotong informasi, sebuah record satu set lengkap bidang, dan file adalah kumpulan catatan. Misalnya, buku telepon analog dengan sebuah file. Ini berisi daftar catatan, masing-masing terdiri dari tiga bidang: nama, alamat, dan nomor telepon.
Anda dapat menganggap sebagai database sistem pengarsipan elektronik. Database tradisional diselenggarakan oleh bidang, catatan, dan file. Field adalah sepotong informasi, sebuah record satu set lengkap bidang, dan file adalah kumpulan catatan. Misalnya, buku telepon analog dengan sebuah file. Ini berisi daftar catatan, masing-masing terdiri dari tiga bidang: nama, alamat, dan nomor telepon.
d.
Telekomunikasi
Transmisi sinyal elektronik untuk komunikasi, memungkinkan organisasi untuk
menghubungkan sistem komputer ke jaringan yang efektif Mengacu pada semua jenis transmisi data, dari suara ke video.
e.
Jaringan
Digunakan untuk menghubungkan komputer dan peralatan komputer di sebuah
gedung, di seluruh negeri, di seluruh dunia, untuk memungkinkan komunikasi
elektronik Sekelompok dua atau lebih sistem komputer yang terhubung bersama-sama.
Ada banyak jenis jaringan komputer, termasuk:
a. jaringan area lokal (LAN): secara geografis berdekatan (yaitu, di gedung yang sama).
b. wide-area jaringan (WAN): Komputer yang jauh terpisah dan dihubungkan dengan saluran telepon atau gelombang radio.
b. wide-area jaringan (WAN): Komputer yang jauh terpisah dan dihubungkan dengan saluran telepon atau gelombang radio.
16.
Internet
dan intranet
a.
Internet
Sebuah jaringan pertukaran informasi global yang menghubungkan jutaan
komputer.
b.
intranet
Sebuah jaringan yang menggunakan teknologi internet dalam Sebuah jaringan
milik organisasi.
17. orang dan
prosedur
Unsur yang paling penting dalam sebagian
besar komputer berbasis sistem informasi
Termasuk orang-orang yang mengelola, menjalankan, program, dan memelihara sistem
Misalnya, profesional TI
Termasuk orang-orang yang mengelola, menjalankan, program, dan memelihara sistem
Misalnya, profesional TI
prosedur
Termasuk strategi, kebijakan, metode, dan aturan untuk menggunakan CBIS
Termasuk strategi, kebijakan, metode, dan aturan untuk menggunakan CBIS
BISNIS
1.
Proses bisnis
Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan
tertentu). Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya.
Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di
dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.
2.
Definisi lain
Davenport (1993) mendefinisikan
proses bisnis sebagai
“aktivitas yang terukur dan
terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan pelanggan
tertentu. Terdapat di dalamnya penekanan yang kuat pada “bagaimana” pekerjaan
itu dijalankan di suatu organisasi, tidak seperti fokus dari produk yang
berfokus pada aspek “apa”. Suatu proses oleh karenanya merupakan urutan
spesifik dari aktivitas kerja lintas waktu dan ruang, dengan suatu awalan dan
akhiran, dan secara jelas mendefinisikan input dan output.”
Definisi dari Hammer dan Champy’s
(1993) bisa dianggap merupakan turunan dari definisi Davenport. Mereka
mendefinisikan proses sebagai
“kumpulan aktivitas yang
membutuhkan satu atau lebih inputan dan menghasilkan output yang
bermanfaat/bernilai bagi pelanggan”
3.
Karakteristik proses bisnis
Beberapa karakteristik umum yang
dianggap harus dimiliki suatu proses bisnis adalah:
c.
Pelanggan: Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
d.
Nilai tambah: Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
e.
Keterkaitan: Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus
terkait dalam suatu struktur organisasi.
f.
Fungsi silang: Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup
beberapa fungsi.
4.
Tipe proses bisnis
Terdapat tiga jenis proses
bisnis:
a.
Proses manajemen, yakni proses yang mengendalikan operasional dari sebuah sistem.
Contohnya semisal Manajemen Strategis
b.
Proses operasional, yakni proses yang meliputi bisnis inti dan menciptakan
aliran nilai utama. Contohnya semisal proses pembelian, manufaktur, pengiklanan
dan pemasaran, dan penjualan.
c.
Proses pendukung, yang mendukung proses inti. Contohnya semisal akunting,
rekruitmen, pusat bantuan.