Struktur komputer menunjukan struktur internal komputer tersebut. Dua asperk struktur komputer tersebut adalah : fungsional dan fisik. Struktur fungsional menentukan blok-blok dan hubungan antara blok tersebut. Struktur fungsional merupakan faktor penting untuk mendesain komputer seperti yang tercermin pada kinerjanya. Struktur fisik menetukan modul fisik dan hubungan diantaranya. Struktur fisik tidak memengaruhi kinerja tetapi berpengaruh pada keandalan biaya. Gambar berikut memberikan fungsional parsial dari sebuah PC (personal computer) yang menunjukan empat subsistem : CPU, memori, subsistem CRT (cathode ray tube), dan subsistem keyboard.
 

Pada gambar berikutnya ditunjukan struktur fisik parsial PC. Papan sistem (papan CPU) berfungsi sebgai papan utama (motherboard) dengan slot I/O yang terinterkoneksi ke berbagai papan PCB  lainnya. Umumnya subpapan PCB merupakan subpapan dalam gambar berikut ini. Motherboard mempunyai empat blok fungsioanal yaitu CPU, RAM, ROM dan pengontrol keyboard. Pengontrol CRT mempunyai memori penyangga video yang onboard (memori layar)
Ruang memori mempunyai tiga komponen :
  1.  Memori baca/tulis (RAM) untuk program dan sistem operasi
  2. ROM untuk bios
  3. Memori layar (video buffer). Secara logika merupakan bagian utama dari CPU tetapi juga dapat diakses oleh pengontrol CRT.