BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Menyitir bunyi suatu hadits "didiklah anakmu sesuai dengan zamannya". Pernyataan tersebut secara implisit mengandung makna dan mengisyaratkan bahwa kita hidup dalam ruang dan waktu yang senantiasa berubah. Selanjutnya perubahan tersebut menuntut sikap adaptasi terhadap kondisi yang terjadi, apapun peran dan posisi yang sedang dihadapi (Kholidah, 2002:1).

Demikian halnya menjadi seorang pendidik, sebagai orang profesional dituntut untuk mampu mewujudkan diri atas tuntutan prekembangan global yang sedang dan akan terjadi. Dalam era global tidak sama dengan masa lalu, yang menantang masing-masing individu dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berbeda. Juga akan menantang berbagai tatanan dan lembaga dengan sistem yang berbeda dengan masa sekarang.

Globalisasi yang terjadi dalam setiap aspek kehidupan berlangsung dengan cepat terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Perubahan dalam satu bidang akan menimbulkan perubahan dalam bidang yang lain. Perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi akan menimbulkan perubahan dalam bidang-bidang seperti: ekonomi, budaya, sosial, termasuk juga pendidikan, yang tentunya berpengaruh pada para pendidik sebagai "pemeran utama" dalam pendidikan. Diantara perkembangan iptek tersebut adalah teknologi informasi (information technology, IT).

B.    Tujuan Pembuatan Makalah

Untuk mengetahui manfaat teknologi informasi dalam pembelajaran bahasa arab. Dan mengetahui macam-macam teknologi yang dapat membantu proses belajar mengajar.



BAB II
PEMBAHASAN


Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, seperti e-government, e-commerce, e-education, e-medicine, e-e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik.
Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan “e” seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain : dalam bidang pendidikan(e-education).
Adapun yang akan kita bahas dalam tulisan ini adalah sebagaian kecil dari pentingnya Teknologi informasi pada Subpok Bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab.
Karena begitu besar pengaruhnya Teknologi Informasi terhadap perkembangan pendidikan atau pengajaran.
Dalam sejarah perkembangan pengajaran telah mengalami beberapa perubahan media pembelajaran diantaranya :
- menulis dengan memakai papan tulis dan kapur
- menulis dengan menggunakan whiteboard dan spidol
- menggunakan slide proyektor dan transparansi
- menggunakan peralatan tape recorder
- menggunakan komputer/laptop dengan LCD Proyektor

Dengan adanya Teknologi Informasi memunculkan paradigma baru dalam dunia pendidikan diantaranya :
1. Dahulu seorang guru dianggap sebagai satu-satunya sumber dari segala ilmu tapi dengan teknologi informasi ilmu tidak hanya didapat dari seorang guru, tetapi dapat dari mana saja (buku, internet, sharing pengetahuan dengan teman,pengamatan langsung, dll)
2. Dahulu seorang guru dianggap orang yang serba tahu tapi sekarang teknologi dan komunikasi (internet) lah yang dianggap sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan.
3. Dahulu kegiatan belajar mengajar bersifat searah (guru kepada murid) sekarang kegiatan belajar mengajar dapat terjadi dalam dua arah bahkan lebih. (guru kepada siswa,siswa kepada guru, siswa kepada siswa, guru yang satu dengan guru yang lain, siswa kepada guru yang lain, dst,dst).
4. Dahulu seorang guru hanya mengandalkan buku diktat tapi sekarang guru dapat mengembangkan bahan ajaran tidak hanya bersumber pada buku diktat tapi juga memanfaatkan bahan ajaran yang ada di internet.
5. Dahulu media yang digunakan hanyalah papan tulis dan juga suara dari seorang guru tapi sekarang komputer/laptop dengan disertai LCD Proyektor dapat digunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar.

Adapun teknologi yang berguna bagi pembelajaran bahasa arab, antara lain:

1.    Internet

Penggunaan internet dan web tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang positip terhadap kegiatan akademik mahasiswa tapi juga bagi dosen. Internet dan web dapat memberi kemungkinan bagi dosen untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata kuliah yang menjadi bidang kempuannya. Melalui penggunaan internet dan web, dosen akan selalu siap mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada mahasiswa. Hal ini tentu saja menuntut kemampuan dosen itu sendiri untuk selalu giat mengakses website dalam bidang yang menjadi keahliannya. Hal ini sejalan dengan definisi Pannen (2003) mengenai media dan teknologi pembelajaran di perguruan tinggi dalam arti luas yang mencakup perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan sumberdaya manusia (humanware) yang dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

Penggunaan Internet untuk keperluan pendidikan yang semakin meluas terutama di negara-negara maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini memang dimungkinkan diselenggarakannya proses belajar mengajar yang lebih efektif. Hal itu terjadi karena dengan sifat dan karakteristik Internet yang cukup khas, sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai media pembelajaran sebagaimana media lain telah dipergunakan sebelumnya seperti radio, televisi, CD-ROM Interkatif dan lain-lain.

Melalui internet, pembelajar dapat mengadakan kontak langsung dengan penutur asli, berpartisipasi dalam suatu forum diskusi, dan sebagainya. Interaksi antara dosen dan mahasiswa, misalnya penugasan dan pengerjaan tugas pun dapat dilakukan melalui internet. Disamping itu juga pemanfaatan program power-point digunakan untuk mengembangkan keterampilan wicara siswa/mahasiswa. Dalam hal ini, siswa/mahasiswa diberi tugas untuk menguraikan topik tertentu yang diminati selama beberapa menit dengan dukungan power-point (Egbert dkk, 2002:7).

Situs-situs yang berhubungan dengan bahasa Arab dan pendidikan Islam banyak disajikan di internet, baik yang menyajikan tentang tauhid, tasawuf, sejarah Islam, akidah-akhlak, dan bidang-bidang lainnya. Juga di internet sangat membantu penguasaan kemahiran berbahasa Arab. Karena situs-situs tersebut menyajikan berbagai data dan informasi masa lalu, terkini dan akan datang mengenai dunia Arab, dunia antar bangsa dan berbagai bidang-bidang kajian bahasa Arab dan Islam.

Situs-situs untuk bidang keislaman antara lain www.pesantren-online.com, atau www.google.com dengan mengetik apa yang diingnkan. Sedangkan situs-situs utama Arab adalah seperti www.arabic.com, www.raddadi.com, www.arabia.com, www.alsaha.com, www.senbad.net dan lain sebagainya. Kalau dilihat dari situs www.raddadi.com sebagai contoh, maka terlihat berbagai macam bidang yang ada dalam situs tersebut. Antara lain bidang-bidang yang diberikan adalah sebagai berikut: situs kesehatan, situs Islam, situs media massa, situs kerjaan, situs pekerjaan, situs sastra, situs komputer dan lain sebagainya.

2.    CD Interaktif

Satu lagi perkembangan yang begitu pesat dan semakin modern makin mempermudah bagi seorang pendidik untuk memanfaatkan berbagai macam media yang ada, diantaranya adalah CD (compact disk) interaktif.
VCD juga merupakan media pengajaran bahasa yang cukup efektif digunakan. Alat ini mirip dengan tip rekorder hanya lebih lengkap. Tip rekorder hanya didengar, sementara VCD didengar dan dilihat. Saat ini telah banyak program-program pengajaran bahasa Arab yang dikemas dalam bentuk CD, namun untuk mengoperasikannya tidak cukup dengan VCD tetapi dengan komputer yang dilengkapi dengan multimedia. Dalam konteks pengajaran ALA, telah banyak program pengajaran ALA yang dikemas dalam bentuk CD, misalnya: Alif-Ba-Ta, Al-Qamus al-mushowwar li As-Shigar, Bustan Ar-Raudloh, Juha 1-2, Jism al-Insan, Hadiqah al-Arqam, Masrahiyah al-Huruf al-Arabiyah, Ta'lim al-Lughah al-Arabiyah, 'Alam al-Tajarub li as-Sigar, Jazirah al-Barka:n, dan Mausuah al-Musabaqah wa al-Algha:z serta masih banyak lagi (Kholisin, 2002).




3.    Satelit/Parabola

Satelit juga memberi kemudahan bagi para pendidik dalam mengajarkan bahasa Arab yakni dalam pengayaan kosa kata dan pengenalan budaya. Dengan piringan parabola, motor penggerak dan Digital Satellite Receiver, kita dapat menikmati siaran TV Arab, yaitu Saudi Arabia, Mesir, Yaman, Palestina, Abi Dhabi secara langsung. Satelit ini lebih banyak dimanfaatkan untuk keterampilan menyimak (maharatul istima’).
Adapun satelit yang menyiarkan acara menggunakan bahasa arab, satelit AsiaSat 2 yang menyiarkan siaran berbahasa Arab dari:
1. Abu Dhabi Al Emarat, dari U.A.E
2. Al Nile, dari Mesir
3. Alalam News Channel, dari Iran
3. Al Kass, siaran khusus olah raga dari Mesir
4. Syria Satellite Channel, dari Syiria
5. Yemen TV, dari Yaman
6. Abu Dhabi Al Oula + 1, dari Abu Dhabi
7. Oman TV Satellite, dari Oman
8. Kuwait Space Channel, dari Kuwait
9. Saudi Arabian TV 1, dari Saudi Arabia
10. Qatat TV, dari Qatar
11. Sudan TV, dari Sudan
12. Sharjah TV, dari U.A.E
13. Jamahirya Satellite Channel. dari Lybia
14. Al-Jazeera Channel, dari Qatar

Selain siaran TV, satelit AsiaSat 2 ini juga menyiarkan siaran radio dengan kualitas FM, seperti:
1. El-Bernameg Al-Aam, dari Kairo
2. El-Quran El-Karim, dari Kairo
3. Radio Quran, dari Iran
4. Emarat FM, dari U.A.E
5. Radio Oman
6. Radio Quran, dari Saudi Arabia
7. Sharjah FM, dari U.A.E
8. Qatar Radio
9. Sana’a Radio, dari Yaman
10. Aden Radio, dari Yaman

Dari satelite Telstar 10, ada tiga saluran yang dapat dinikmati dengan gratis, sama seperti saluran terdahulu, yaitu:
1. Dubai Sports
2. Dubai TV
3. Sama Dubai

Kini, dengan kemajuan IT, siaran dari parabola dapat langsung ditonton dan disimpan dalam hard disk komputer. Perangkat yang digunakan, di antaranya Digital Satellite Receiver SkyStar 2. Perangkat yang berupa card ini dipasang dalam komputer yang langsung dapat menerima siaran dari parabola dengan kualitas DVD.
Hasil rekaman yang berkualitas DVD ini tidak perlu lagi diubah ke format VCD, selain karena kualitasnya akan menurun, juga memerlukan waktu yang cukup lama. File video yang disimpan itu memang tidak dapat diputar dengan VCD/DVD Player, tetapi dapat diputar melalui komputer dengan progam pemutar video yang biasanya sudah termasuk dalam Windows.
4.    Arabic E-learning

Istilah e-learning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi e-learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E. Hartley [Hartley, 2001] yang menyatakan:
E-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannyabahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.
LearnFrame.Com dalam Glossary of e-Learning Terms [Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa:
E-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.
Matthew Comerchero dalam E-Learning Concepts and Techniques [Bloomsburg, 2006] mendefinisikan:
E-learning adalah sarana pendidikan yang mencakup motivasi diri sendiri, komunikasi, efisiensi, dan teknologi. Karena ada keterbatasan dalam interaksi sosial, siswa harus menjaga diri mereka tetap termotivasi. E-learning efisien karena mengeliminasi jarak dan arus pulang-pergi. Jarak dieliminasi karena isi dari e-learning didesain dengan media yang dapat diakses dari terminal komputer yang memiliki peralatan yang sesuai dan sarana teknologi lainnya yang dapat mengakses jaringan atau Internet.





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dari penulisan di atas, penulis dapat membuat kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Arab dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui penggunaan situs-situs di internet, CD interaktif, satelit dengan piringan parabola dan e-learning.
Kini, dengan kemajuan IT, siaran dari parabola dapat langsung ditonton dan disimpan dalam hard disk komputer. Perangkat yang digunakan, di antaranya Digital Satellite Receiver SkyStar 2. Perangkat yang berupa card ini dipasang dalam komputer yang langsung dapat menerima siaran dari parabola dengan kualitas DVD.
Hasil rekaman yang berkualitas DVD ini tidak perlu lagi diubah ke format VCD, selain karena kualitasnya akan menurun, juga memerlukan waktu yang cukup lama. File video yang disimpan itu memang tidak dapat diputar dengan VCD/DVD Player, tetapi dapat diputar melalui komputer dengan progam pemutar video yang biasanya sudah termasuk dalam Windows.
















Daftar Pustaka

http://www.pro-ibid.com/content/view/60/
Ahsanuddin, Mohammad. 2004. Pemanfaatan CD Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak (ALA). Makalah.
Ahsanuddin, Mohammad. 2005. Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Dalam: Al-Arabi, III (I): 1-13.
Kholidah, Lilik Nur. 2001. Dampak Globalisasi Terhadap Tugas Dan Tanggungjawab Kependidikan. Makalah.
Siahaan, Sudirman. 2008. Tips bagi Guru dalam Memanfaatkan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran. (on-line), (www.e-dukasi.net diakses 21 Oktober 2008)
Kamalie, Saifullah, 2010, Pemanfaatan Siaran Satelit Untuk Pembelajaran Bahasa Arab