DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR     ...........................................................................................i
DAFTAR ISI    ....................................................................................................ii
BAB I    ...............................................................................................................1
Pendahuluan                                               1
    1.1 Penggunaan Teknologi dalam Pengukuran Proses dan Hasil Belajar.....1
BAB II    ..............................................................................................................4
2. Proses Device    ...................................................................................................4
    2.1 ALU ( Arithmetical Logical Unit )...........................................................................4
    2.2  CU (Control Unit)    ........................................................................................5
    2.3 Peralatan Proses (Process Storage) .........................................................................5
        2.3.1 Processor ..................................................................................................5
        2.3.2








BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Penggunaan Teknologi dalam Pengukuran Proses dan Hasil Belajar
Beberapa sekolah unggul di Indonesia membuktikan bahwa dengan meningkatnya mutu pelaksanaan penilaian telah mendongkrak komitmen siswa belajar dan kesungguhan pendidik dalam mewujudkan tujuan mengajar. Strategi yang sekolah lakukan meliputi kegiatan ; 
(1) meningkatkan relevansi instrumen evaluasi dengan tujuan pembelajaran,
(2) memperketat pengawasan  terhadap penyusunan instrumen agar benar-benar mengukur apa yang seharusnya diukur,
(3) memantau pemenuhan standar  operasional prosedur pengukuran, dan 
(4) mengolah hasil tes  oleh  tim penjamin mutu untuk menjaga objektivitas data hasil belajar.
Sejalan dengan meningkatnya penggunaan teknologi pendukung peningkatan standar pembelajaran dalam kelas,  model pengukuran dan pengolahan hasil tes terus berkembang dan semakin bervariasi. Pada beberapa sekolah unggul di Indonesia, hal ini ditandai dengan meningkatnya penggunaan scanner yang diintegrasikan dengan  program excel, bahkan terdapat sekolah yang telah meningkatkan usahanya melalui pengembangan soft ware pengolahan hasil evaluasi.
Usaha tersebut merupakan bagian dari usaha yang lebih besar dalam pendayagunaan teknologi sebagai perangkat pembelajaran melalui pengintegrasian proses belajar berbasis masalah, melakukan penelitian kepustakaan berbasis internet, melakukan komunikasi dan kolaborasi berbasis komputer, dialog secara online dalam menerapkan kurikulum, mengintegrasikan pembelajaran pada pengembangan multi media dalam semua disiplin ilmu.

Penggunaan teknologi scanner yang diintergrasikan pada sistem software pengelolaan nilai terbukti telah membantu sekolah mempercepat pemeriksaan hasil tes. Teknologi ini efektif menghitung jawaban siswa yang benar dalam tes pilihan ganda serta memadukan lebih lanjut  dengan nilai yang diperoleh dari hasil tes uraian. Program aplikasi teknologi telah mempercepat perhitungan nilai di sekolah-sekolah yang populasi siswanya banyak. Lebih dari itu, teknologi telah membantu sekolah menganalisis soal sehingga dengan cepat pula para pendidik menentukan tingkat kesulitan soal serta memilah soal yang valid dan yang perlu direvisi.
Di SMA Sutomo 1 Medan dan SMAN 3 Malang, contohnya, seluruh proses pengolahan nilai siswa menggunakan sistem komputer. Sesaat setelah lembar jawab siswa pengawas himpun. Lembar jawab langsung diserahkan kepada tim  tim pengolah yang dibentuk khusus untuk menanganinya.
Data hasil olahan berguna sebagai (1) learning tools, siswa mengukur  kemajuan belajarnya (2) teaching tools,  guru mengukur hasil mengajarnya (3) management tools, sekolah mengukur efektivitas manajemennya memfasilitasi siswa belajar.  Pada fungsi yang ketiga sekolah menggunakan hasil penilaian sebagai alat mengontrol kinerja pendidik dalam memfasilitasi mengembangkan potensi dirinya. Dengan sistem pengolahan seperti itu, maka sekolah memperlakukan hasil ulangan siswa sebagai  penentu utama nilai prestasi pendidik dalam melaksanakan tugasnya.
Secara tradisional seluruh tugas itu berada di bawah tata kelola guru. Tiap guru mengolah hasil tes siswa yang diajarnya. Bahkan di beberapa sekolah, guru diberi wewenang untuk mempertimbangkan nilai yang diperoleh siswa pada tiap akhir semester. Perubahan pada era penggunaan teknologi  saat ini, guru tidak lagi memiliki kewenangan memeriksa, mengolah, dan menentukan nilai hasil evaluasi. Pengelolaan ada di bawah kewenangan kepala sekolah yang dibantu oleh tim. Nilai pada tiap kali ulangan langsung diumumkan kepada orang tua dan siswa.
Konsekuensi dari itu, jika dalam satu kali ulangan terdapat siswa yang tidak memenuhi standar kompetensi minimal (SKM) yang telah ditetapkan, maka serta merta guru mendapat tugas untuk melakukan remedial. Begitu pula siswa yang telah memenuhi target, mereka mendapat pengayaan agar dapat meningkatkan prestasinya sehingga dapat mengangkat citra sekolah dalam peta kompetisi mutu dengan sekolah lain.
Sistem pengelolaan mutu seperti itu dapat dinyatakan sebagai model peningkatan kinerja  dan kompetensi lulusan berbasis evaluasi atau penilaian.







BAB II
PEMBAHASAN

2. PROSES DEVICE
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan  sampai jutaan IC. Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit masukkan seperti  keyboard, scanner, atau joystick. Kecepatan processor atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt. Perkembangannya processor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu Centrino (Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook. Saat ini, processor yang terbaru adalah Core i7 eXtreme. Processor ini memiliki empat kecepatan giga hertz seperti memiliki  4 processor. Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program.
 2.1      ALU ( Arithmetical Logical Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adder karena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
•     Sama dengan (=)
•      Tidak sama dengan ( <> )
•    Kurang dari ( < )
•    Kurang atau sama dengan dari ( <= )
•    Lebih besar dari ( > )
•    Lebih besar atau sama dengan dari ( >= )
 2.2      CU ( Control Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :
•    Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
•    Mengambil instruksi-instruk dari memori utama
•    Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
•    Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
•     Menyimpan hasil proses ke memori utama. Fungsi  peralatan yang terdapat dalam CPU .
2.3     Peralatan Proses ( Process Storage)
Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.
2.3.1 Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino, Core Duo dan yang terbaru Core i7. Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik fungsi komputer tersebut

.    2.3.2  Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
2.3.3 Cache memori Merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
     2.3.4    ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.

2.3.5    RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara  ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang,  Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
•     Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
•    Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
•    Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan.
•     Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. Berdasarkan struktur RAM tersebut, data yang diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung ke dalam input storage, bila data dalam bentuk instruksi program maka akan dimasukkan ke dalam program storage, dan bila dalam bentuk data dan hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke working storage, kemudian sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke dalam output storage.
Terdapat beberapa jenis RAM  yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
1.      FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM  yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
2.      EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz
3.      BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
4.      SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
5.      RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.
6.  DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

2.4 Perangkat Proses Data (Processing)
Perangkat-perangkat alat proses bersertaperlengkapan, yaitu sebagai berikut :
2.4.1 Casing
Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) didalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.
2.4.2 Power supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).

2.4.3 Motherboard
Motherboard adalah ppan rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.
2.4.4 Processor
Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer.
2.4.5 Memory
Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan berikut ini beberapa tipe memory berdasarkan urutan dari yang tercepat aksesnya hingga yang paling lambat.
1Register
2.Cachememory
3.Diskcache
4.Magneticdisk
5. Optikal disk
selain berdasarkan kecepatan aksesnya, urutan tipe memory tersebut disusun berdasarkan harga, kapasitas, dan frekuensi pengakseskan.
1. Tipe register harga paling mahal dan tipe optical disk harganya paling murah.
2. Tipe register kapasitasnya paling besar dan tipe optical disk kapasitasnya paling kecil.
3. Tipe register frekuensi pengaksesannya paling tinggi dan tipe optical disk frekuensi pengaksesannya paling rendah.


Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan byte atau bit.
1byte=1huruf
1KiloByte(KB)=1x1024byte
1 Mega Byte = 1024 KB
Terdapat dua jenis memory, yaitu sebagai berikut.
1.Read Only Memory (ROM)
ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanyu dapat dibaca dantidak dapat diubah. Kemampuan penyimpanannya tida tergantung pada arus listrik ROM memiliki batrai sendiri.
2.Random Access Memory (RAM)
RAM adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik dimatikan.

2.4.6 VGA Card
VGA Card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.
2.4.7 I/O Card
Input / Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk drive.
2.4.8 Sound Card
Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara  pada komputer.